JAKARTA, iNewsBojonegoro.id - Kia Carens kembali memanaskan pasar otomotif di Indonesia. Sejak diluncurkan di GIIAS 2022, mobil yang bermain di segmen multi purpose vehicle (MPV) ini telah membukukan surat pemesan kendaraan (SPK) sebanyak 600 unit.
Secara harga dan kapasitas mesin, Kia Carens berada di atas Toyota Veloz dan di bawah Kijang Innova. Bisa dibilang mereka bermain di antara model tersebut.
Banyak yang penasaran bagaimana dengan performa mobil asal Korea Selatan ini, mengingat secara tampilan dan platform berbeda dari model sebelumnya.
Dalam kesempatan singkat, jurnalis mendapatkan kesempatan menjajal Kia Carens di kawasan BSD City, Tangerang, dengan jarak tempuh sekitar 20 km.
Melihat tampilannya, Carens memiliki bahasa desain Tiger Face sebagai ciri khas. Bagian depan lampu sudah full LED, mulai dari DRL, sein, sampai high beam. Begitu juga untuk fog lamp atau lampu kabut.
Carens hadir di Indonesia dengan dua pilihan mesin, yaitu 1.400 cc turbo (6 seats) dijual dengan harga Rp449 juta, dan mesin 1.500 cc naturally aspirated (7 seats) seharga 389 juta. Pada berkesempatan tersebut Jurnalis mencoba Carens model 1.500 cc.
Secara tampilan tidak ada perbedaan signifikan antara Carens turbo dan 1.500 cc. Perbedaannya bisa dilihat di balik kap mesin dan beberpa fitur di dalam kabin.
Saat duduk dibangku kemudi, visibilitas mobil ini terasa sangat baik. Pengendara tidak merasa membawa sebuah mobil besar. Bagian dasboard terlihat memiliki desain khas dengan lampu embiem memberikan kesan futristik. Sayang untuk bagian rem parking masih menggunakan tuas manual.
Menggendong mesin 1.497 cc Smartstream, Gamma II, DOHC Dual CVVT, mobil ini terasa bertenaga dengan output maksimal 115 PS pada 6.300 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm. Tenaga dan torsi disalurkan melalui transmisi Intelegent VT (IVT). Pengendara juga memiliki tiga pilihan mode mengemudi, yaitu Eco, Normal dan Sport.
Bagian kursi pengendara dan penumpang depan memiliki fitur penghangat dan pendingin sehingga memberikan kenyamanan lebih. Kekedepan suara mobil ini juga sangat terasa menunjang audio Bose dengan delapan spaker yang dikendalikan melalui head unit Apple Car Play dan Android Auto 8 inc.
Secara dimensi mobil ini cukup luas dengan panjang 4.540 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.700 mm. Kursi baris kedua dan ketiga juga dapat dilipat rata dengan mengkilk satu tombol, sehingga memudahkan saat membawa barang.
Bagaimana bagian suspensi? Menggunakan Mc Pherson Strut untuk bagian depan dan multi link di bagian belakang mobil terasa nyaman walau melewati banyak polisi tidur serta garis pita kejut di daerah perumahan. Penumpang juga tidak merasa limbung saat mobil bermanuver.
Carens juga telah dilengkapi Sun Roof dengan sistem Power Single Tilt dan Sliding sehingga memberikan kesan mewah. Sayang Carens 1.5 belum dilengkapi kamera 360 derajat dan fitur lainnya, seperti pada Veloz. Mobil ini juga belum dilengkapi fitur Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan, serta Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Blind Spot Monitoring (BSM) dengan kamera beresolusi tinggi.
Meski memiliki beberapa kekurangan pada fitur, namun secara keseluruhan mobil ini unggul dalam kenyamanan dan visibilitas. Kehadiran Carens memberikan banyak pilihan bagi konsumen yang mencari model kendaraan MPV.
Bersaing di segmen MPV, Kia Carens berada di antara Toyota Veloz dan Kijang Innova. Foto: Dok. iNews.id
Editor : Prayudianto