JAKARTA, Bojonegoro.iNews.id - Di dunia modern nan digital sekarang ini, berkarier di bidang agency dianggap menjanjikan oleh sebagian orang, khususnya bagi anak muda. Pekerjaan yang terkesan 'fun' itu pun tentu membutuhkan strategi untuk mencapai sukses.
Ya, meski pekerjaan agency terkesan santai tapi Anda yang mau mencapai kesukses di sini harus punya 'kunci' kesuksesan dan itu semua ada di tangan Anda sendiri. Lantas, apa kunci sukses berkarier di dunia agency?
Menurut COO Mediate Indonesia Tanty Bisri, seseorang yang mau sukses berkarier di dunia agency itu pertama harus punya mental mau belajar dan tak pernah puas dengan ilmu yang sudah dimiliki.
"Willingness to learn itu penting banget di dunia agency. Ini pekerjaan yang begitu dinamis dan jangan pernah merasa sudah jadi yang terbaik, karena itu bisa membuat Anda berhenti belajar," katanya di Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia Partai Perindo, Sabtu (25/6/2022).
Menurut Tanty, bicara soal dunia agency khususnya digital agency, media sosial saat ini terus berkembang dan begitu banyak platform-nya. Itulah kenapa, kemauan untuk belajar penting dimiliki, karena tidak ada yang mampu menguasai semuanya.
"Digital media itu banyak sekali cabangnya sekarang. Tidak ada yang bisa menguasai semuanya. Itu kenapa haus mau belajar itu penting untuk dimiliki setiap orang yang mau berkarier di dunia agency," tuturnya.
Kunci kesuksesan kedua adalah adaptif dengan perubahan zaman. Artinya, jika Anda berangkat dari masa di mana teknologi yang berkembang kala itu hanya televisi misalnya, sekarang sudah eranya digital media.
"Jadi, being adaptif pun penting agar karier Anda pun terus bergerak mengikuti zamannya," ungkap Tanty yang sudah memulai karier di dunia agency sejak 1992.
Hal lain yang tak kalah penting adalah bertanggung jawab pada apa yang sudah dipilih. Ini menjadi penting, khususnya bagi mereka yang punya banyak 'pegangan' di hidupnya.
Misal, mereka yang sudah berkeluarga dan tetap berkarier. Ketika sudah memilih untuk tetap bekerja, maka bertanggung jawablah dengan pilihan itu. Lakukan yang terbaik untuk semua keputusan yang diambil.
Rahasia berikutnya yang penting dimiliki adalah 'good attitude'. Menurut Tanty, ini penting terkhusus untuk anak generasi Z yang kerap merasa mampu menguasai media sosial saat ini.
"Pekerjaan agency ini berkaitan sekali dengan klien yang memang jadi komponen penting dalam industrinya. Ketika klien menilai kita punya bad attitude, ya, tentu itu akan memengaruhi industri dan juga karier Anda di dunia agency," kata Tanty.
"Saya bisa bilang, dunia agency ini santai tapi juga serius. Kalau dilihatnya fun, akan menjadi fun," ujarnya lagi.
Editor : Prayudianto