Logo Network
Network

Kakbah Diselimuti Kain Kiswah Baru Tepat 1 Muharram, Begini Penampakannya

Anton Suhartono
.
Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:01 WIB
Kakbah Diselimuti Kain Kiswah Baru Tepat 1 Muharram, Begini Penampakannya
Kain Kiswah Kakbah diganti pada 1 Muharram 1444 H bertepatan dengan 30 Juli 2022. Foto : SPA.

MAKKAH, iNewsBojonegoro.id - Kakbah diselimuti kain Kiswah yang baru. Preses penggantian kain dilakukan Sabtu (30/7/2022) pagi bertepatan dengan 1 Muharram 1444 Hijriah.

Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, otoritas yang bertanggung jawab atas Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, menyatakan penggantian Kiswah dilakukan tim khusus dari Kompleks Raja Abdulaziz.

Kain kiswah baru terdiri atas empat sisi terpisah serta tirai di pintu. Mulanya, kain Kiswah baru diangkat ke atas Kakbah satu per satu. Setelah itu kain yang lama diturunkan di balik kain yang baru. Dengan proses ini permukaan Kakbah tetap dalam kondisi tertutup.

Proses itu diulang empat kali pada setiap sisi sampai selesai semua. Setelah itu tim di atas menguatkan kaitan dilanjutkan dengan menjahit atau menghubungkan satu sisi kain dengan yang lainnya.

Kain Kiswah Kakbah dibuat menghabiskan 600 sampai 800 kilogram sutra yang diberi warna hitam, 120 kg benang emas, dan 100 kg benang perak. Seluruh proses pembuatan dilakukan di Kompleks Raja Abdulaziz.

Pembuatan Kiswah Kakbah melibatkan lebih dari 200 pekerja profesional di masing-masing bidang, mulai dari pembuatan kain hingga penjahitan benang emas dan perak.

 

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News

Bagikan Artikel Ini