Logo Network
Network

Ribuan Warga Cirebon Gelar Kirab Ziarah Agung ke Makam Sunan Gunung Jati

Miftahudin
.
Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:30 WIB
Ribuan Warga Cirebon Gelar Kirab Ziarah Agung ke Makam Sunan Gunung Jati
Ribuan warga Kota Cirebon, Jawa Barat mengikuti kirab ziarah agung dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 4,5 kilometer. Foto : iNews.is. Miftahudid.

CIREBON, iNewsBojonegoro.id - Ribuan warga Kota Cirebon, Jawa Barat mengikuti kirab ziarah agung dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 4,5 kilometer dari Balaikota Cirebon ke Makam Sunan Gunung Jati. Kegiatan itu digelar untuk menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, Jumat (29/7/2022) sore.

Selain itu, kirab ziarah agung juga digelar untuk merayakan hari jadi  ke-653 Kota Cirebon. Dalam kirab ziarah agung itu, tampak ribuan warga, dari pimpinan daerah, para sultan, abdi dalem keraton, dan masyarakat umum tumpah ruah di Jalan Siliwangi depan Balaikota Cirebon.

Tampak replika Paksi Naga Liman yang merupakan kereta kencana keraton di Kota Cirebon dihadirkan. "Kirab ziarah agung dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 4,5 kim ini bertujuan untuk mengenang dan meneladani jasa Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa," kata Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis.

Di Cirebon dan Jawa Barat, ujar Nasrudin Azis, Islam disebarkan oleh Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. "Para peserta kirab berziarah di makam Sunan Gunung Jati, doa bersama," ujar Nasrudin Azis.

Selama kirab berlangsung, petugas kepolisian menutup sementara Jalan Siliwangi, Kota Cirebon. Petugas juga menerapkan contra flow di Jalan Raya Gunung Jati. tak hanya itu. Kirab juga mendapatkan perhatian dari warga sekitar.

 

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News

Bagikan Artikel Ini