get app
inews
Aa Read Next : Gunung Semeru Luncurkan Lava Pijar Sejauh 1.500 Meter

Banjir Lahar Dingin Terjang Lumajang, Jembatan Putus Warga Satu Dusun Terisolasi

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 00:10 WIB
header img
Warga melihat dari dekat banjir lahar Gunung Semeru. Jum'at. 12.8.2022. Foto : iNews.id. Yayan Nugroho.

LUMAJANG, iNewsBojonegoro.id - Banjir lahar dingin Gunung Semeru kembali menerjang Kabupaten Lumajang, Jumat (12/8/2022) sore. Akibatnya jembatan darurat putus dan menyebabkan warga satu dusun terisolasi. 

Pantauan di lapangan, banjir lahar dingin mengalir cukup deras, melalui Besuk Kobokan dan Besuk Lanang yang berhilir ke beberapa sungai. Banjir membawa material endapan pasir dan batu dari Puncak Gunung Semeru

Informasi yang dihimpun, banjir lahar dingin diakibatkan hujan deras di wilayah puncak Gunung Semeru selama kurang lebih tiga jam. Akibatnya material endapan dari puncak Gunung semeru berupa pasir dan batu terbawa air hujan. 

Getaran banjir lahar dingin Gunung Semeru Jumat siang terekam seismograf pos pengamatan gunung api Semeru dengan amplitudo maksimal 30 milimeter. Akibat banjir lahar hujan ini, sebanyak 125 kepala keluarga atau 470 jiwa, warga Dusun Sumber Langsep, Desa Jugosari Terisolasi. Pasalnya jalan darurat yang menjadi akses mobilitas satu-satunya warga terputus diterjang banjir.

Bahkan, sejumlah warga harus tertahan di seberang sungai lantaran terjebak banjir. Mereka tidak bisa menyeberang karena arus banjir begitu deras.  "Banjir cukup deras, sehingga jembatan putus.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut