Tak Tamat SD, Mantan Tukang Becak Ini Sukses Jadi Pengusaha Garam

Viola Triamanda
.
Sabtu, 17 September 2022 | 20:18 WIB
Tambak garam. Foto : Ilustrasi. Ist.

JAKARTA, iNewsBojonegoro.id - Gelar dan pendidikan yang tinggi bukan penentu kesuksesan seseorang. Pasalnya, banyak orang sukses tanpa memiliki gelar ataupun status sosial yang tinggi.

Hal ini dibuktikan oleh pria asal Cirebon bernama Sanim. Sanim yang pernah jadi tukang becak di daerahnya bukanlah orang yang memiliki pendidikan tinggi. Dia hanya bersekolah hingga kelas 4 SD. Usai putus sekolah, Sanim yang kebingungan harus bagaimana akhirnya memilih untuk bekerja sebagai tukang becak.

Sanim giat mengayuh becak mulai dari pagi hingga sore hari. Namun, penghasilan tersebut hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari saja. Hal ini lah yang kemudian menuntutnya untuk mencari jalan mendapatkan uang tambahan. 

Bersama teman-teman tukang becaknya, Sanim mendaftar sebagai buruh sebuah pabrik yang pada saat itu membuka lowongan besar-besaran. Tanpa berbekal pengalaman dan pengetahuan, Sanim berharap agar dia bisa meningkatkan kesejahteraan hidupnya dengan menjadi pegawai pabrik, mengingat semakin turunnya angka penumpang becaknya. 

Seiring berjalannya waktu, berkat kegigihannya, keuangan keluarga Sanim mulai membaik dibandingkan saat membecak dulu. Berbekal pendapatan inilah dia akhirnya mengundurkan diri dan lebih memilih membuka usaha sendiri.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini