get app
inews
Aa Read Next : Jumlah Janda di Bojonegoro Meningkat Drastis usai Lebaran 2024

Keindahan Sungai Merah di Kalimantan, Bikin Kulit Putih dan Disakralkan Suku Dayak

Sabtu, 21 Januari 2023 | 16:21 WIB
header img
Mengintip keindahan Sungai Merah Kalimantan (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsBojonegoro.id - Kalimantan Tengah merupakan, pulau dengan wisata alam yang masih terjaga keasliannya. Di sini, ada salah satu wisata yang cukup unik, yaitu sungai, dan cukup menyita perhatian pengunjung.

Sungai ini berbeda dengan sungai-sungai pada umumnya, lantaran warnanya yang berwarna merah. Tak heran, jika warga sekitar juga menyebutnya dengan Sungai Merah, tepatnya di Kabupaten Barito Selatan.

Penasaran ingin tahu seperti apa keindahan Sungai Merah ini? Berikut ulasan dirangkum pada Sabtu (21/1/2023).

Sungai Merah miliki warna alami

Sesuai dengan namanya, sungai ini memiliki warna kemerahan. Warna merah yang mengalir di sungai tersebut berasal dari kontaminasi akar-akar pepohonan di hutan Gunung Beriun. Hutan ini menjadi hulu sungai dan sangat lebat, sesuai dengan ciri khas hujan tropis di Kalimantan.

Diketahui, warna merah pada sungai, sudah ada sejak dulu. Dalam bahasa dayak, sungai ini dinamakan dengan nama Sungai Marak. Kawasan Sungai Merah masih sangat asri, dikelilingi dengan berbagai vegetasi hijau yang tumbuh subur di hutan Kalimantan.

Sungai Merah yang terletak di sepanjang jalur pendakian di Gunung Beriun ini, airnya memiliki rasa tawar dan bisa dikonsumsi secara langsung.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut