get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Bukan Orang Yang Gila Kekuasaan

Cerita Sanjaya, Raja Pertama Mataram yang Punya Hubungan dengan Kerajaan Sunda

Kamis, 28 Juli 2022 | 20:32 WIB
header img
Raja Sanjaya. Foto : Okezone. Kuwaluhun.com. Ilistrasi

JAKARTA, iNews.id - Kerajaan Medang atau Mataram menjadi salah satu kerajaan tertua di Pulau Jawa. Sosok Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya tak bisa dilepaskan dari Kerajaan Medang. 

Sosoknya dipercaya sebagai raja pertama di Kerajaan Medang atau Mataram, sebagaimana diidentifikasi dari Prasasti Canggal tahun 732. 

Sanjaya merupakan menantu dari Tarusbawa, sosok raja pertama di Kerajaan Sunda, pasca Tarumanagara pecah menjadi Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh. 

Dikisahkan pada buku "Babad Tanah Jawi" tulisan Soedjipto Abimanyu, Sanjaya yang menuntut balas terhadap keluarga Purbasora. Untuk itu dia meminta bantuan Tarusbawa, mertuanya yang merupakan sahabat Sanna, yang digulingkan dari tahta Galuh oleh Purbasora. 

Hasratnya dilaksanakan setelah menjadi Raja Sunda yang memerintah atas nama istrinya. Akhirnya Sanjaya menjadi penguasa Kerajaan Sunda, Kerajaan Galuh, dan Kerajaan Kalingga, setelah Ratu Shima mangkat.

Pada tahun 732 Masehi, Sanjaya mewarisi tahta Kerajaan Mataram dari orang tuanya. Sebelum meninggalkan kawasan Jawa Barat, dia mengatur pembagian kekuasaan antara putranya, Tamperan dan Resi Guru Demunawan. 

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut