get app
inews
Aa
Read Next : Cerita Sanjaya, Raja Pertama Mataram yang Punya Hubungan dengan Kerajaan Sunda

Kisah Perang : Para Selir Raja dan Perempuan Cantik Mataram Dibawa Lari

Senin, 15 Agustus 2022 | 00:31 WIB
header img
Kalah perang para selir raja dan wanita cantik dibawa lari. : Foto : Ilustrasi. Ist.

JAKARTA, iNewsBojonegoro.id - Penyerangan balasan Kerajaan Sriwijaya ke Kerajaan Mataram menuai keberhasilan gemilang. Bahkan, konon dikisahkan para selir raja hingga perempuan cantik di Mataram dibawa lari karena kekalahan tersebut.

Serangan itu digalang Raja Sri Cudamani Warmadewa ini tersusun rapi. Raja mataram pun akhirnya bisa dilumpuhkan. Sang raja Dharmawangsa mati terbunuh bersama pada pembesar dari Kerajaan Mataram. 

Usaha penyerangan balasan Sriwijaya ke Mataram tak lepas dari peran serta Raja Wurawari, yang merupakan raja dari Kerajaan Lwaram, (sekarang kota Blora), yang juga merupakan sekutu dari Sriwijaya. Dikutip dari buku "Sandyakala di Timur Jawa 1042 - 1527 M" tulisan Prasetya Ramadhan, saat itu Raja Wurawari mendengar bahwa Raja Dharmawangsa akan mengadakan pesta perkawinan anaknya di istana Medang

Seketika itulah dia menawarkan bantuan ke Raja Sriwijaya sekaligus mengajak untuk serta merta melakukan penyerangan ke Medang, ibu kota kerajaan. Serangan ini menjadi balasan atas serangan yang dahulu pernah dilakukan ke Sriwijaya oleh Raja Medang. 

Raja Sriwijaya Sri Cudamani Warmadewa kemudian menyusun strategi cerdik mengatur serangan ke istana Medang. Dia kemudian mengambil jalan lain, dengan menjalin persekutuan dengan Raja Wurawari dari Kerajaan Lwaram. Langkah itu dilakukan karena Sriwijaya menyadari pasti akan kalah jika berperang sendirian. Dengan persekutuan itu, maka dapat menghimpun kekuatan lebih besar. 

Penyerangan balasan terhadap Kerajaan Medang Mataram menuai keberhasilan. Bahkan Kerajaan Mataram era Medang mendapat malapetaka yang besar. Istananya habis dibakar oleh gabungan pasukan lawan Sriwijaya dan Lwaram.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut