get app
inews
Aa Read Next : Air Terjun Talisewu Layaknya Surga Tersembunyi di Kolaka Timur, Berundak dan Eksotis

Tonjolkan Bidang Kuliner, Pelaku Usaha Kreatif Diharapkan Bisa Dongkrak Distinasi Wisata Bojonegoro

Selasa, 09 Agustus 2022 | 12:43 WIB
header img
Gelar Workshop untuk mendongkrak produk lokal bidang kuliner. (foto/pipit wibawanto)

BOJONEGORO, iNews.id - Untuk menunjang destinasi wisata kearifan lokal desa di Kabupaten Bojonegoro, sejumlah pelaku ekonomi kreatif, sub sektor kuliner di seluruh kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, mengkikuti workshop dan gelar produk. Para pelaku ekonomi kreatif kuliner yang mengikuti workshop dan gelar produk, diharapkan mampu mendorong dan mengembangkan wisata yang ada di desa masing-masing.

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, melaksanakan workshop dan gelar produk, pelaku ekonomi kreatif subsektor kuliner penyangga destinasi wisata, yang digelar di Gedung Serbaguna Kabupaten Bojonegoro.

Workshop dan gelar produk tersebut, memuat tema “Eksistensi Pelaku Ekonomi Kreatif Subsektor Kuliner” untuk menunjang destinasi wisata dalam bingkai kearifan lokal. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, beserta jajaranya, narasumber dari konsultan destinasi wisata dan kuliner Yogyakarta, perwakilan Kepala Desa di 28 Kecamatan, Camat, serta pelaku ekonomi kreatif kuliner di 28 kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah melalui virtual menyampaikan, para pelaku ekonomi kreatif kuliner bojonegoro, mampu menciptakan produk olahan yang beraneka ragam dengan kualitas terbaik.

Selain itu, para pelaku ekonomo kreatif diharapkan mampu membaca peluang, bagaimana produk olahan yang dihasilkan dapat memikat daya tarik para pembeli. Dengan begitu adanya wisata kuliner, dapat mendorong dan mengembangkan wisata-wisata alam yang ada di desa-desa.

Selain mendapatkan materi workshop, para pelaku ekonomi kreatif kuliner dari 28 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, juga menyajikan beberapa produk olahan makanan kuliner, masing-masing perwakilan desa di kecamatan mereka. Mulai dari kuliner makanan, olahan camilan, minuman, serta berbagai produk olahan lainnya, yang ditinjau satu-persatu oleh para narasumber, serta diberikan beberapa masukan terkait produk kuliner yang disajikan.

Para pelaku ekonomi kreatif kuliner didampingi, agar nantinya dapat meyangga desa wisata, agar mampu mendongkrak kunjungan wisata yang ada di masing-masing desa.

“ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Bojonegoro menggelar workshop pelaku ekonomi kreatif, sub sektor kuliner, ada 17 subsektor yang kita dampingi tiap tahun, tahun ini subsektor kuliner, ini para pelaku kuliner untuk penyangga desa wisata, harapannya dengan adanya side effect dari multiplayer kuliner ini, bisa bersimbiosis dengan pelaku wisata di desa itu, sehingga bisa mendongkrak kunjungan wisata di desa masing-masing,” kata Budiyanto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro.

Sementara itu, Konsultan Destinasi Wisata dan Kuliner Yogyakarta, Itock Van Diera mengatakan. Kuliner menu yang disajikan semua sangat luar biasa enak, kuliner yang di sajikan merupakan potensi daerah yang tidak kalah dari potensi-pontesi dari daerah lain. Ia menambahkan, kuliner yang disajikan di Bojonegoro termasuk bagian dari 10 besar daerah yang pernah dikunjunginya, dari sisi kuliner.

“hari ini saya khusus bicara tentang Bojonegoro, ternyata bojonegoro ini besar sekali, kulinernya, tidak ada yang tidak enak menu kulinernya yang di pamerkan diini, ini potensi daerah, tidak kalah dari daerah lainnya, ini adalah 10 besar daerah yang pernah saya kunjungi, dari sisi kulinernya,” ujar Itock Van Diera, Konsultan Destinasi Wisata dan Kuliner Yogyakarta.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut