get app
inews
Aa Read Next : Terungkap Asal Usul Nama Terowongan Niyama Tulungagung, Ada Kisah Mistis Tragedi Pekerja Romusa

Daun Sakti yang Bikin Suku Baduy Kuat Berjalan Kaki Ratusan Kilometer

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 10:01 WIB
header img
Rahasia Suku Baduy kuat berjalan kaki ratusan kilometer. Foto: Instagram.

Alhasil, ini kekuatan fisik mereka untuk menempuh jarak jauh dengan hanya mengandalkan kaki tentunya berbeda dari masyarakat lain. Mereka cenderung lebih kuat lantaran jalan kaki naik-turun gunung sudah menjadi 'makanan' sehari-hari.

Tradisi Seba

Selain kebiasaan mengonsumsi ramuan turun temurun, ternyata Suku Baduy juga memiliki tradisi unik yaitu Seba. Upacara Seba menjadi salah satu pembuktian ketangguhan fisik suku Baduy, terutama suku Baduy Dalam.

Sebab dalam acara yang telah menjadi tradisi sejak Kesultanan Banten ini, mereka harus berjalan berkilo-kilometer untuk bersilaturahmi dengan para pimpinan pemerintahan di Provinsi Banten. Seba merupakan tradisi kuno. Tradisi ini memiliki usia yang sama dengan berdirinya suku tersebut.

Telapak kaki berbeda

Suku Baduy memang gemar berjalan kaki. Tidak heran jika telapak kaki masyarakat Suku Baduy terlihat berbeda. Telapak kaki warga Baduy memang punya bentuk yang berbeda dengan kaki orang pada umumnya, yaitu jari yang berjarak dan kulit tebal.

Itulah yang membuat mereka kuat berjalan ribuan kilometer. Selama perjalanan menuju kota, mereka cuma membawa tas kain selempang yang diisi oleh pakaian ganti saja tanpa membawa perbekalan lain.


 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut