get app
inews
Aa Read Next : Cina Dan India Dominasi Populasi Mobil Listrik Terbanyak di Dunia

Rp600 Triliun Habis untuk Subsidi BBM, Pemerintah: Saatnya Pindah ke Kendaraan Listrik

Sabtu, 19 November 2022 | 17:30 WIB
header img
Jumlah kendaraan meningkat, pemerintah mencatat telah menghabiskan anggaran Rp600 triliun untuk subsidi BBM. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsBojonegoro.id –Meningkatnya populasi kendaraan membuat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) naik dari tahun ke tahun. Pemerintah mencatat telah menghabiskan anggaran Rp600 triliun untuk subsidi BBM.

Anggaran tersebut dapat dipangkas bila masyarakat beralih ke kendaraan listrik. Dana pemerintah dapat dialihkan untuk kepentingan pembangunan infrastruktur dan pelayanan.

Direktur Sarana Transportasi Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Danto Restyawan mengatakan sebab itu pemerintah mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik demi mengurangi polusi dan meringankan beban anggaran negara.

“Data terakhir menunjukkan sekitar Rp600 trilliun digunakan pemerintah untuk subsidi BBM. Sebenarnya jumlah ini dapat digunakan untuk hal-hal lain, sehingga inilah yang membuat kami ingin masyarakat dapat beralih ke kendaraan listrik,” kata Danto dalam seminar Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022 di Bali dilansir Minggu (13/11/2022).

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut