get app
inews
Aa Read Next : Dijual ke Para Sultan Rp381 : Kapal Pesiar Mewah Ini Bisa Menyelam di Bawah Laut Selama 4 Hari

Inisiasi Pemkab Bojonegoro : Penanganan Kegawatdaruratan Berbasis Masyarakat

Jum'at, 16 Desember 2022 | 19:46 WIB
header img
Pemkab Bojonegoro Inisiasi Penanganan Kegawatdaruratan Berbasis Masyarakat. (Foto : ai/nn KominfoBjn )

BOJONEGORO, InewsBojonegoro.id - Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menginisiasi kegiatan penanganan Kegawatdarutan Berbasis Masyarakat (Gada Emas). Gada Emas merupakan inovasi pengembangan pelayanan PSC (Public Safety Center) 119 dengan melibatkan para relawan. Mereka sudah dilatih penanganan kegawatdaruratan dasar untuk masyarakat termasuk di dalamnya Relawan  Kegawatdaruratan Desa (Gada Desa).

Untuk relawan Gada Desa telah diberikan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan kegawatdaruratan masyarakat. Tujuannya agar bisa memberikan pertolongan pertama saat menunggu tim medis datang ke lokasi. 

Kepala Dinas Kesehatan Bojonegoro dr Ani Pujiningrum menjelaskan untuk relawan Gada Desa telah dibekali pelatihan BHD dan Kegawatdaruratan Masyarakat, yang serentak dilaksanakan di 9 titik rayon kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro pada Sabtu 10 Desember 2022 lalu.

"Ini merupakan pelatihan awal untuk mengenalkan pertolongan pertama pada kasus kegawatdaruratan di masyarakat, dan saat ini 298 orang relawan Gada Desa telah mengikuti pelatihan BHD," jelasnya saat dikonfirmasi Jum'at (16/12/2022).

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut