get app
inews
Aa Read Next : Jumlah Janda di Bojonegoro Meningkat Drastis usai Lebaran 2024

Desa Sinden yang Sebenarnya di Jombang, Ada Ritual Wajib Keramas di Petilasan

Rabu, 01 Juni 2022 | 12:57 WIB
header img
Mengenal Desa Sinden. (Foto : Kanal YouTube Asli Mojokerto)

JAKARTA, Bojonegoro.iNews.id - Ada banyak hal menarik di berbagai daerah yang perlu diketahui. Salah satunya mengenai Sendang Made.

Sendang Made merupakan peninggalan sejarah yang terletak di Desa Made, Kecamatan Kudu, Jombang. Sendang Made disebut juga Desa Sinden diyakini memiliki tuah karena konon menjadi tempat persembunyian Raja Airlangga

Vefy Irawati, selaku jupel Situs Kudu menjelaskan, Sendang Made menjadi satu petilasan Raja Airlangga bersama permaisuri dan para dayang ketika mereka dikejar oleh pasukan Prabu Wora-Wari lalu diselamatkan Prabu Narotama hingga akhirnya menyepi beristirahat di Sendang Made.


(Foto : Kanal YouTube Asli Mojokerto)

"Di sini menjadikan suatu padepokan yang kemudian diberi nama Sendang Made, karena Airlangga memang dari Bali. Sendang Made dijadikan tempat persembunyian untuk melarikan diri dari pasukan Wora Wari pada waktu itu," kata Vefy Irawati dikutip dari kanal YouTube Asli Mojokerto, Senin (30/5/2022).

Adapun diberi nama sebagai Desa Sinden, lantaran saat pelarian, permaisuri dan para dayang menyamar sebagai sinden dan yang laki-laki sebagai penabuh gendang.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut