get app
inews
Aa Read Next : Bahaya, Tebing Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro Longsor Rusak Badan Jalan dan Ancam Rumah Warga

Warung Gethuk Legendaris Mak Yah Bojonegoro

Minggu, 19 Juni 2022 | 13:09 WIB
header img
Getuk Mak Yah khas Bojonegoro. (Foto : Kominfobjn)

BOJONEGORO, iNews.id – Bagi anda yang suka kuliner tradisional gethuk, perlu mampir di warung gethuk yang sangat legendaris di Bojonegoro. Warung Gethuk Mak Yah, begitu warga mengenalnya. Karena warung itu dirintis Mak Yah atau yang bernama asli Rasiyah dan berdiri era tahun 1960 an. Warung itu berada di utara Kali Kethek, Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk.

Warung gethuk legendaris tersebut kini dikelola oleh Sukaemi bersama Istrinya yang bernama Jumiati. Sukaemi merupakan anak Makyah atau Rasiyah yang mendirikan warung gethuk tersebut.

“Jadi saya meneruskan jualan sejak Ibu sakit sampai sekarang, kurang lebih 2 tahun, dulunya cuma ikut bantu buat dan cuci-cuci pirning,” ungkap Jumiati.

Setiap hari, Jumiati yang dibantu 4 orang dalam pembuatan gethuk tersebut, memulai pembuatan gethuk dari pukul 06.00 WIB, dan pukul 03.00 WIB jika ada pesanan khusus. Dalam sehari, ia mengolah 50 kilogram singkong untuk dijadikan gethuk, bahkan kadang bisa lebih jika di hari libur.

“Minimal dalam sehari habis 50 kilogram singkong kuning yang saya beli dari alas tuwo Tuban,” jelasnya, Kamis (16/6/2022).

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut