Logo Network
Network

Sambut Malam 1 Suro, Warga Kemadang Gunungkidul Larung Kepala Kambing

Kismaya Wibowo
.
Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:23 WIB
Sambut Malam 1 Suro, Warga Kemadang Gunungkidul Larung Kepala Kambing
Kirab warga Kemadang Dunung kidul dalam tradisi Larungan menyambut malam 1 Suro. Foto : iNews.id. Kismaya Wibowo.

GUNUNGKIDUL, iNewsBojonegoro.id - Ratusan warga Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul menggelar tradisi larungan menyambut malam 1 Suro. Tradisi ini menjadi ungkapan rasa syukur atau sedekah laut atas melimpahnya hasil laut selama satu tahun terakhir. 

Larungan ini diawali dengan kirab delapan gunungan, di antaranya berupa gunungan kambing (kepala), gunungan hasil bumi dan palawija. Selanjutnya gunungan dan uba rampe ini didoakan oleh tokoh adat. Selanjutnya gunungan ini dibawa ke Pantai Baron untuk dilarung (dibuang ke laut).  

“Ini merupakan ungkapan rasa syukur dan simbul ungkapan terima kasih atas melimpah hasil ikan,” kata  Ketua Panitia Subani Iman Hadi, Jumat, (29/7/2022). 

Tradisi ini sudah rutin dilaksanakana setiap tahun menyambut datangnya 1 Suro atau 1 Muharram. Warga memiliki keyakinan, dengan sedekah laut akan memberikan rezeki dalam setahun yang akan datang. 

“Dengan sedekah laut ini, kami percaya akan mendatangkan banyak rezeki,” ujarnya. 

Tradisi ini banyak menarik perhatian wisatawan. Salah satunya George asal Belanda yang datang ke Pantai Baron. Tanpa sengaja, kedatangannya bersamaan dengan tradisi ini.   “Ini sangat unik, di negara saya tidak ada,” katanya.



 

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.