get app
inews
Aa Read Next : Tahu Gejrot Bang Jack, Laku 1.000 Porsi dan Kantongi Rp18 Juta per Hari

Terasa Panas Setiap Malam Jumat, Itulah Terowongan Paling Menyeramkan di Bandung

Senin, 26 September 2022 | 21:05 WIB
header img
Terowongan sasaksaat di Bandung. Foto : @myfotowrk.

Kala itu, pembangunan Terowongan Sasaksaat diserahkan kepada pemborong khusus orang Eropa. Mereka menggunakan teknik teknologi tinggi dari Belgia. Dalam prosesnya, terdapat kendala yaitu lahan yang memiliki kadar air tinggi sehingga air merembes ke terowongan dan berisiko terjadi longsor. Selain itu terdapat batuan cadas pada tanah yang digali.

Saat proses pembangunan terowongan ini cukup banyak memakan korban jiwa. Di mana kebanyakan dari mereka meninggal karena tertimpa batu, longsor dan kecelakaan lainnya.

Konon, kecelakaan yang memakan korban jiwa itu dipercaya adalah makhluk penunggu di bukit tersebut yang meminta tumbal.

Tak main-main, dalam pengerjaannya, Terowongan Sasaksaat dibangun siang dan malam dan dilakukan oleh tenaga kerja mulai dari orang pribumi, China dan Eropa. Orang Pribumi dan China kebanyakan bekerja sebagai kuli. Sementara, orang Eropa sebagai kepala cabang, mandor pekerja, pemborong dan teknisi.

Adapun teknis pembangunan terowongan ini dengan cara melakukan penggalian di bagian sisi arah utara dan selatan, yang kemudian dilakukan secara bersamaan.

Setelah proses yang begitu panjang, akhirnya Terowongan Sasaksaat ini rampung. Awal pengoperasiannya, terowongan yang berada di koridor Purwakarta-Padalarang ini digunakan sebagai sarana penumpang serta pengangkutan komoditas ekspor seperti kopi, teh, beras serta pengangkutan hasil pertanian sehari-hari masyarakat di Wilayah Bandung.

Lalu, saat ini terowongan yang berada di bawah Daerah Operasi II Bandung, dilewati oleh kereta api jarak jauh seperti Argo Parahyangan, Harina, Ciremai, Serayu, kereta api lokal Cibatu-Purwakarta dan kereta angkutan barang.

Akan tetapi meski terowongan ini sudah digunakan sudah melewati puluhan dekade, menurut cerita yang beredar terkadang di dalam terowongan Sasaksaat ini kerap terasa suasana tak biasa, yaitu hawa panas setiap malam Jumat.

 

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut