get app
inews
Aa Read Next : Ide Perubahannya Gak Ada : PDIP Sindir Koalisi Perubahan

5 Fakta Candi Prambanan yang Sengaja Disembunyikan, Nomor 4 Ada Cahaya Arca Dewi Durga

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 20:11 WIB
header img
Candi Prambanan masih menjadi destinasi wisata favorit di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto : Istimewa.

2. Aturan keramat

Siapapun harus menghormati tempat-tempat yang dikunjungi, termasuk pula Candi Prambanan. Bila melakukan sesuatu tak terpuji, balasan akan segera datang. Misalnya, peristiwa pada April 2018 lalu. Rombongan anak sekolah mengalami kesurupan massal usai bertandang ke Candi Prambanan. Setelah didatangkan juru kunci Prambanan, ternyata salah seorang siswa mengambil dua buah batu dari area candi sebagai kenang-kenangan. Mau tidak mau batu tersebut harus dikembalikan lagi ke tempat semula.

3. Relief misterius

Relief di permukaan Candi Prambanan sangat beragam. Banyak pula ukiran hewan-hewan yang terpampang di sana. Namun, ada satu relief hewan yang masih menjadi misteri yakni Kinara dan Kinari. Wujud hewan tersebut bertubuh burung namun dengan kepala manusia. Sepasang burung berkepala manusia itu tampak mengapit pohon bernama kalpataru.

4. Cahaya Arca Dewi Durga

Arca Dewi Durga di dalam Candi Prambanan dipercaya kerap memancarkan cahaya. Masyarakat yakin cahaya tersebut tak lain adalah perwujudan aura Roro Jonggrang. Konon, cahaya Arca Dewi Durga, terutama saat malam purnama tiba, mampu memutus status lajang. Alhasil, banyak anak muda yang berburu cahaya Arca Dewi Durga demi segera mendapat pasangan.

5. Mirip Dengan Angkor Wat

Candi Prambanan dan Angkor Wat kerap disebut mirip. Angkor Wat dikenal sebagai candi hindu terbesar di dunia yang terletak di Kamboja. Jika berbicara mengenai mana yang dibangun lebih dulu, Candi Prambanan diketahui sudah berdiri 3 abad sebelum adanya Angkor Wat.

 

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut