get app
inews
Aa Read Next : Segini Penjualan Chery Omoda 5 di Pasar Global

Waspada Mobil Keyless Simpan Bahaya Kematian

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 09:39 WIB
header img
Bahaya mesin mobil keyless tanpa sengaja hidup di garasi karbon monoksida memenuhi seluruh ruangan rumah. Foto : Istimewa.

JAKARTA, iNewsBojonegoro.id – Teknologi otomotif semakin berkembang. Salah satunya inovasi yang kini pada banyak disematkan pada mobil modern adalah smart keyless. 

Sistem ini memungkinkan mobil dihidupkan tanpa menggunakan kunci. Dikutip dari Heycars, tak seperti sistem sentral normal pada kunci mobil tradisional, keyless menggunakan sinyal radio untuk tersambung dengan mobil. Artinya kunci tersebut dapat dibuka dari dalam saku atau tas, dan mesin dapat dihidupkan hanya dengan tombol.

Selain itu, keyless juga akan memperkecil kemungkinan mobil dicuri karena sistem akan membaca jika mobil dibuka paksa. Mobil juga tidak akan mudah dihidupkan karena menggunakan transmiter yang terhubung dengan perangkat keyless.

Namun, di balik semua kemudahan dan keamanan tersebut. Ada bahaya tersembunyi yang terdapat pada keyless mobil. 

Bahkan, itu dapat memicu kecelakaan yang dapat menyebabkan kematian bagi pengguna mobil atau pejalan kaki.

Dikutip dari New York Times, Fred Schaub yang merupakan pemilik Toyota RAV4 tak sadar belum mematikan mesin kendaraannya saat terparkir di garasi rumah. Dalam waktu 29 jam, dia ditemukan tewas di rumahnya karena karbon monoksida memenuhi seluruh ruangan rumahnya saat tertidur.

“Setelah 75 tahun mengemudi, ayah saya berpikir bahwa ketika dia membawa kunci ketika meninggalkan mobil, maka mesin mobilnya akan mati,” kata putra Schaub, Dough.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut