get app
inews
Aa Read Next : Pasar Murah IKA Unair Bantu Rakyat Kecil, Gubernur Jawa Timur Beri Apresiasi

Siswa Jatim Paling Banyak Diterima di PTN lewat SNBP 2023

Sabtu, 01 April 2023 | 17:13 WIB
header img
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama pelajar Jatim. (Foto: Antara)

SURABAYA, iNewsBojonegoro.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, mengatakan Jatim menjadi provinsi dengan jumlah siswa terbanyak yang diterima pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023. Jumlahnya mencapai 23.477 peserta.

"Alhamdulillah, kabar ini sangat kami syukuri serta menggembirakan dan membanggakan karena Jatim kembali mampu menempati peringkat pertama untuk jumlah siswa terbanyak yang diterima di SNBP 2023," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Jumat (31/3/2023).

Berdasarkan Konferensi Pers Hasil Seleksi Jalur SNBP Tahun 2023 yang dilakukan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP), sebanyak 23.477 peserta asal Jawa Timur diterima di Jalur SNBP dari total keseluruhan pendaftar mencapai 92.790. Adapun persentase keketatan mencapai 25,30 persen.

Kemudian peringkat kedua hingga kelima disusul oleh Jawa Barat (Jabar) dengan 14.424 peserta diterima, Jawa Tengah (Jateng) dengan 11.968 peserta diterima, Sumatera Utara (Sumut) dengan 10.906 peserta diterima, dan Aceh dengan 6.888 peserta diterima.

Khofifah mengapresiasi guru dan kepala sekolah yang telah membimbing siswanya dalam memilih peluang jurusan di berbagai perguruan tinggi favorit. Capaian ini juga tidak terlepas dari semangat belajar para siswa dan dukungan orang tua.

"Kami sangat bersyukur, karena jika kilas balik ke belakang, ini merupakan kali ke empat kami mendapatkan prestasi ini namun sebelumnya seleksinya bernama SNMPTN," katanya.

Dia mengungkapkan, dari tahun ke tahun jumlah peserta yang diterima di jalur yang dulunya bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pun semakin meningkat.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut