get app
inews
Aa
Read Next : Jumlah Janda di Bojonegoro Meningkat Drastis usai Lebaran 2024

Selama Ramadhan, Petani Buah Blewah di Tuban Mendapatkan Berkahnya

Kamis, 21 April 2022 | 14:46 WIB
header img
Hasil panen buah blewah yang sedang diminati masyarakat untuk berbuka puasa

TUBAN, iNews.id - Bulan suci Ramadhan menjadi berkah bagi petani blewah di Desa Magersari, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Panen raya buah ini bersamaan dengan datangnya bulan puasa, sehingga permintaan buah blewah segar yang menjadi favorit untuk menjadi minuman berbuka semakin meningkat.

Selain banyak dipesan oleh pedagang lokal Tuban, sebagian besar hasil panen juga dikirim ke luar daerah seperti Surabaya, Malang dan Jakarta. Dengan tingginya permintaan tersebut, membuat harga buah blewah di petani menjadi terdongkrak. Dari harga yang bisanya berkisar Rp. 1500 hingga Rp. 2000 perkilogram, kini bisa mencapai Rp. 4000 sampai Rp. 5000 perkilogram.

Salah satu petani blewah Desa Magersari Sri Wiyani mengatakan, panen kali ini lumayan berlimpah, dari lahan setengah hektar miliknya mampu menghasilkan blewah sebanyak 5 ton. Dan ini masih berlanjut.

"Hasil paling maksimal bisa mencapai 10 ton," sebutnya disela panen blewah, Selasa (19/4/2022).

Sementara itu, petani blewah lainnya bernama Arief menjelaskan, untuk harga jual buah blewah pasca bulan puasa sudah mulai membaik. Perkwintal bisa mencapai harga Rp. 400.000. 

"Kalau buah yang bagus-bagus bisa menembus pasar Jakarta," pungkasnya.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut