get app
inews
Aa Read Next : Jumlah Janda di Bojonegoro Meningkat Drastis usai Lebaran 2024

Tradisi Tahunan Ketupat Syawal Sebagai Pengikat Tali Silaturrahim Warga Plelen 

Senin, 09 Mei 2022 | 22:44 WIB
header img
Doa bersama yang dipimpin oleh Kyai Slamet juga dihadiri oleh Kepala Desa Ngampel Purwanto dan warga dukuh Plelen

BOJONEGORO, iNews.id -Warga dukuh Plelen Desa Ngampel Kecamatan Kapas Bojonegoro mengadakan acara Tradisi Tahunan Ketupat Syawal. Yang diadakan di Musholla Al Muslimin tepatnya berlokasi di RT. 06 dan RW 07, Minggu (10/5/2022)

Acara tahunan Ketupat Syawal tahun ini sangat meriah, dihadiri oleh Purwanto Kepala Desa Ngampel dan hampir seluruh warga khususnya RT. 06 RW. 07, adapun acara ketupat syawal ini di pimpin doa oleh kyai Slamet.


Saling tukar ketupat sayur untuk dimakan bersama warga dukuh Plelen di Mushola Al Muslimin

Menurut pengurus takmir mushola Kyai Khumaidi, acara Ketupat Syawal ini rutin diadakan setiap tahun karena sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia Nya dan seluruh warga bisa menjalankan puasa Romadhan selama 1 bulan penuh, selain itu juga sebagai sarana menjaga tradisi yang sudah berjalan selama bertahun-tahun guna mempererat kerukunan warga.

Setelah acara doa bersama selesai, pengurus takmir Mushola, Kepala Desa dan semua warga yang hadir, melakukan ramah tamah berupa sajian makanan ketupat beserta sayur dan lauk yang telah dibawa dari rumah dengan saling tukar menu untuk disantap bersama. Hal ini sudah sangat langka dilakukan di tengah perkembangan zaman canggih seperti sekarang ini.

“Semoga ke depan tradisi ini bisa dilestarikan dan bisa lebih meriah lagi dengan tidak hanya bapak-bapak saja yang hadir akan tetapi satu keluarga yang berada di lingkungan Dukuh Plelen bisa hadir semua sehinga kerukunan bisa terjaga”, tutup  Kyai Khumaidi.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut