get app
inews
Aa Read Next : Jumlah Janda di Bojonegoro Meningkat Drastis usai Lebaran 2024

Kerajaan Sriwijaya, Kuasai Perdagangan Internasional hingga Disegani Dunia

Minggu, 29 Mei 2022 | 00:38 WIB
header img
Salah satu prasasti peninggakan Kerajaan Sriwijaya (Foto : Musium Nusantara)

SURABAYA, Bojonegoro.iNews.id - Kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan besar yang menguasai perdagangan dunia. Konon, sejumlah wilayah di dalam dan luar negeri berhasil ditaklukkan Kerajaan Sriwijaya pada abad 7. 

Hal ini menguatkan posisi Sriwijaya sebagai kerajaan yang diperhitungkan di Nusantara dan di mata Internasional.  Apalagi, secara letak, Pulau Sumatera memiliki lokasi cukup strategis bagi kegiatan perdagangan Internasional. 

Hal ini memungkinkan karena Pulau Sumatera digunakan pelayaran sejak masa prasejarah, terutama dalam rangka perdagangan rempah-rempah. 

Kebesaran Kerajaan Sriwijaya dikisahkan pada Buku "Airlangga : Biografi Raja Pembaru Jawa Abadi XI" dari Ninie Susanti, pada kenyataannya Sriwijaya muncul sebagai pelabuhan transit dagang yang penting bagi jalur dagang melalui laut karena banyak disinggahi oleh pedagang dari berbagai bangsa di dunia. 

Sriwijaya merupakan kekuatan pertama dalam sejarah Indonesia yang berhasil mendominasi wilayah Selat Malaka yang memegang kunci perdagangan dan pelayaran baik ke negeri China, maupun ke negeri-negeri lainnya. Sriwijaya pun memulai ekspansi ke utara yang bukan hanya dimaksudkan untuk mengendalikan lalu lintas bahari yang keluar masuk selat, melainkan ditujukan pula untuk menguasai penyeberangan darat melalui tanah genting Kra. 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut