Bojonegoro.iNews.id – Lonjakan penumpang terjadi di Stasiun Bojonegoro pada hari terakhir libur panjang Kenaikan Isa Almasih, Minggu (1/6/2025). Data dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat sebanyak 1.675 pelanggan menggunakan layanan kereta api di stasiun tersebut hingga pukul 10.00 WIB.
Dari total tersebut, 894 penumpang tercatat naik kereta api dan 781 penumpang turun. Jumlah ini masih bersifat sementara dan diprediksi akan terus bertambah hingga keberangkatan kereta api jarak jauh pada malam hari.
Stasiun Bojonegoro Layani 8.253 Penumpang Selama Libur Panjang
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menyampaikan bahwa selama periode libur panjang 28 Mei hingga 1 Juni 2025, Stasiun Bojonegoro telah melayani total 8.253 penumpang, dengan rincian 4.003 penumpang naik dan 4.250 penumpang turun.
Berikut adalah data per hari:
Tanggal Penumpang Naik Penumpang Turun
28 Mei 836 643
29 Mei 805 1.109
30 Mei 624 858
31 Mei 844 859
1 Juni* 894 781
Data per 1 Juni diperbarui hingga pukul 10.00 WIB.
“Kenaikan jumlah penumpang selama libur panjang ini menunjukkan bahwa kereta api masih menjadi moda transportasi pilihan masyarakat karena nyaman, aman, dan tepat waktu,” kata Luqman.
20 Kereta Api Layani Stasiun Bojonegoro Setiap Hari
Selama masa angkutan libur panjang, KAI mengoperasikan 20 perjalanan kereta api jarak jauh yang berhenti di Stasiun Bojonegoro. Jumlah tersebut terdiri dari 19 KA reguler dan 1 KA tambahan, dengan total kapasitas 9.944 kursi per hari.
Kereta api favorit masyarakat selama periode ini meliputi:
• KA Airlangga tujuan Pasar Senen, Jakarta
• KA Ambarawa Ekspres tujuan Semarang
• KA Kertajaya tujuan Pasar Senen, Jakarta
Tujuan Populer: Jakarta dan Semarang
Luqman menjelaskan bahwa destinasi favorit dari Stasiun Bojonegoro selama libur panjang adalah kota-kota besar seperti Jakarta dan Semarang, yang menjadi magnet perjalanan baik untuk liburan maupun keperluan keluarga.
KAI Tambah Layanan dan Petugas di Masa Libur Panjang
Untuk memastikan layanan berjalan lancar, KAI menyiagakan petugas tambahan guna mengatur arus naik-turun penumpang dan memastikan kenyamanan pelanggan di stasiun.
“Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, termasuk melalui penambahan petugas dan perjalanan KA. Hal ini menjadi bentuk kesiapan kami dalam mengantisipasi lonjakan penumpang selama periode liburan,” ujar Luqman menutup.
Editor : Arika Hutama
Artikel Terkait