BOJONEGORO, iNewsBojonegoro.id - Menjelang masa Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), Stasiun Bojonegoro mencatat peningkatan mobilitas masyarakat yang signifikan.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya melaporkan tingginya permintaan perjalanan dari dan menuju Bojonegoro, menandai kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api selama musim liburan.
Hingga Kamis (4/12) pukul 10.00 WIB, tercatat 6.701 tiket telah terjual untuk periode keberangkatan 18 Desember 2025–4 Januari 2026.
Angka tersebut terdiri dari 3.222 tiket keberangkatan dan 3.479 tiket kedatangan. Tren ini menunjukkan meningkatnya minat masyarakat untuk memanfaatkan layanan kereta api saat libur akhir tahun.
Selama masa Nataru, Stasiun Bojonegoro melayani 20 perjalanan KA jarak jauh, terdiri atas 19 KA reguler dan 1 KA tambahan. Secara total, kapasitas yang disediakan mencapai 9.762 tempat duduk per hari guna mengantisipasi lonjakan penumpang.
Untuk menjaga kelancaran operasional, KAI Daop 8 Surabaya memastikan seluruh fasilitas dan prasarana berada dalam kondisi optimal.
Bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), ramp check dilakukan secara menyeluruh, mencakup pemeriksaan Standar Pelayanan Minimum (SPM) hingga kesiapan sarana pendukung di stasiun.
Peningkatan pelayanan juga dilakukan melalui penambahan petugas, optimalisasi ruang tunggu, area informasi, serta peron guna memastikan proses naik turun penumpang berlangsung lancar.
Dari sisi keamanan, pengamanan diperkuat melalui penambahan personel eksternal, mulai dari Garnisun, TNI, hingga Polri.
KAI juga menggelar patroli rutin, koordinasi intens dengan aparat setempat, sidak serentak, dan pemantauan CCTV selama 24 jam. Selain itu, petugas pemeriksa jalur ditempatkan di titik-titik pemantauan khusus, termasuk pada petak jalan Kalitidu–Bojonegoro–Kapas.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menegaskan bahwa keselamatan dan kenyamanan pelanggan menjadi prioritas utama selama periode angkutan Nataru.
“Kami menetapkan keselamatan sebagai prioritas utama, menjaga performa perjalanan, serta meningkatkan kenyamanan pelanggan mulai sebelum keberangkatan hingga tiba di stasiun akhir. Seluruh layanan KAI Daop 8 Surabaya siap mendukung masyarakat menikmati perjalanan akhir tahun dengan aman, nyaman, dan lancar,” ujar Luqman.
KAI mengimbau masyarakat untuk melakukan pemesanan tiket lebih awal melalui kanal resmi seperti aplikasi Access by KAI, maupun mitra penjualan resmi.
“Pastikan data identitas sesuai saat pemesanan dan datang lebih awal ke stasiun demi kenyamanan dan keamanan bersama,” tambahnya.
Dengan meningkatnya minat perjalanan pada musim liburan tahun ini, KAI Daop 8 Surabaya memastikan seluruh aspek layanan, pengamanan, dan operasional telah dipersiapkan dengan optimal agar pelanggan dapat menikmati perjalanan tanpa kekhawatiran.
Editor : Arika Hutama
Artikel Terkait
