get app
inews
Aa Read Next : Jumlah Janda di Bojonegoro Meningkat Drastis usai Lebaran 2024

Kisah Mpu Prapanca dan Tantular, Penulis Kebesaran Majapahit di Era Hayam Wuruk

Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:37 WIB
header img
Ilustrasi Kerajaan Majapahit. Foto : Istimewa.

MALANG, iNewsBojonegoro.id - Beragam karya sastra lahir semasa Hayam Wuruk memerintah di Kerajaan Majapahit. Dua pujangga ternama di masa Majapahit yakni Mpu Prapanca dan Mpu Tantular yang menjadi penggores sejarah penting bagi Kerajaan Majapahit. Kitab sastra itu mengisahkan kehidupan Kerajaan Majapahit dan segala dinamika, termasuk pemujaan ke Hayam Wuruk.

Kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca menjadi kitab yang terkenal. Sebagaimana dikutip dari buku "Hitam Putih Mahapatih Gajah Mada" dari Sri Wintala Achmad, Negarakertagama menjadi referensi melihat kebesaran-kebesaran Majapahit.

Pada Kitab Negarakertagama diceritakan wilayah-wilayah kekuasaan Majapahit dan keharusan daerah kekuasaan menyetorkan upeti. Naskah Kakawin Negarakertagama terdiri atas 98 pupuh. Pembagian pupuh-pupuh dalam tersebut terbentuk sangat rapi. Adapun isinya di setiap pupuh mengisahkan pemujaan Prapanca terhadap raja.

Prapanca memuji nenek baginda raja yang bernama Rajapatni, putri Gayatri sebagaimana dikisahkan pada Pupuh II-VI. Putri bungsu Sri Kertanagara dari Singasari yang bertindak sebagai penasihat utama dalam pemerintahan. Di pupuh VIII, Prapanca mengisahkan tentang memuja Sri Rajasanagara, raja Majapahit.

Tercatat hingga Pupuh XCV- XCVIII beragam kisah diceritakan Mpu Prapanca. Di pupuh terakhirnya, dia mengisahkan kebosanannya tinggal di dusun dan nekat bertapa ke lereng gunung.

Menariknya, naskah Kakawin Negarakertagama bersifat pujian ke raja yang disusun tidak atas perintah Raja Hayam Wuruk, baik sebagai tujuan politik pencitraan maupun legitimasi kekuasaan. Melainkan murni kehendak Mpu Prapanca yang ingin menghaturkan bakti pada raja.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut