get app
inews
Aa Read Next : Rombak Pejabat Kemenkeu termasuk Ditjen Pajak, Ini Pesan Sri Mulyani

Sri Mulyani: Pemilu dan Pembangunan IKN Nusantara Jadi Prioritas APBN 2023

Senin, 08 Agustus 2022 | 20:44 WIB
header img
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Foto : Dok iNews.id

JAKARTA, iNewsBojonegoro.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023 dan Nota Keuangan pada 16 Agustus 2022. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan beberapa proyek terkait  pemilihan umum (Pemilu) 2024 dan pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi prioritas belanja APBN tahun depan. 

Menurut Menkeu, APBN 2023 harus didesain untuk bisa mampu menjaga fleksibilitas dalam mengelola gejolak ekonomi dunia yang terjadi. Namun di sisi lain, Presiden Jokowi juga meminta agar APBN tetap dijaga supaya tetap kredibel dan berkelanjutan.

“Oleh karena itu kami akan melihat dari sisi belanja negara yang mendukung prioritas nasional, seperti sumber daya manusia (SDM), pemmbangunan infrastruktur termasuk IKN, dan penyelenggaraan pemilu,” kata Sri Mulyani, dalam keterangan pers virtual, Senin (8/8/2022).

Selain itu, pemerintah akan menggunakan  instrumen belanja pusat dan darah untuk bisa mendukung program prioritas nasional. Dari sisi pembiayaan, akumulasi dana abadi pendidikan akan terus dikelola sebagai warisan untuk generasi mendatang.

Belanja kementerian lembaga yang mencapai Rp993 triliun tahun depan akan difokuskan pada berbagai program nasional yakni, untuk SDM dan belanja infrastruktur yang masih menjadi prioritas nasional.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut