get app
inews
Aa Read Next : Jumlah Janda di Bojonegoro Meningkat Drastis usai Lebaran 2024

Enzim Baru Bisa Ubah Udara Menjadi Listrik

Rabu, 05 April 2023 | 13:45 WIB
header img
Enzim Baru Bisa Ubah Udara Menjadi Listrik. Foto : Ilustrasi

JAKARTA, iNewsBojonegoro.id - Ilmuwan di Australia menemukan sesuatu yang tak diduga. Paper baru yang diterbitkan para peneliti di Nature, ada enzim yang dapat mengubah udara menjadi energi listrik.

Enzim baru disebut Huc dan para peneliti mengatakan itu dapat memberikan sumber energi bersih baru yang dapat diandalkan di masa depan. Menurut penelitian, enzim Huc menggunakan hidrogen dalam jumlah sedikit di udara yang dihirup untuk menghasilkan arus listrik

Para peneliti dari Monash University Biomedicine Institute Australia di Melbourne baru-baru ini memamerkan berapa banyak bakteri yang menggunakan hidrogen sebagai sumber energi di lingkungan yang miskin nutrisi, sebagaimana dikutip dari BGR. 

Namun sekarang, tim telah berhasil mengekstraksi enzim yang tepat yang digunakan dalam proses ini. Enzim Huc juga luar biasa efisien. Itu dapat menggunakan hanya 0,00005 persen hidrogen yang ditemukan di atmosfer Bumi selama proses tersebut. Para peneliti mengekstraksi enzim dari bakteri bernama Mycobacterium smegmatis.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut