get app
inews
Aa Read Next : Segini Penjualan Chery Omoda 5 di Pasar Global

Gresik Siap Jadi Pusat Transportasi dan Logistik Menuju IKN Nusantara

Selasa, 20 Juni 2023 | 02:26 WIB
header img
Penandatanganan Memorandum of Understanding dengan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya untuk membuka kelas Program Studi Profesi Insinyur (PSPPI)

GRESIK, iNewsBojonegoro.id - Peranan penting Kabupaten Gresik sebagai kota industri pendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur. Selain memiliki letak geografis yang strategis juga memiliki sejumlah pelabuhan untuk mendukung transportasi dan logistik pembangunan IKN.

Potensi strategis Gresik untuk mendukung pembangunan IKN terangkum dalam Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Cabang Kabupaten Gresik, di Aula Bersama Politeknik Semen Indonesia di Gresik, Jawa Timur, Selasa (13/6/2023).

FGD Bertajuk 'Gresik Sebagai Kota Pendamping Utama IKN Nusantara ini, menghadirkan nara sumber Guru Besar Bidang Transportasi Fakultas Teknik Universitas Gajahmada, Agus Taufik Mulyono, Ketua PII Jawa Timur, Gentur Prihatono, dan sejumlah rektor berbagai perguruan tinggi di Gresik dan Surabaya. 

Ketua PII Cabang Gresik, Awang Djohan Bachtiar menyampaikan Gresik memiliki pelabuhan, dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) dibandingkan dengan daerah lain. Untuk itu Gresik sangat potensial kan menjadi pusat transportasi dan logistik untuk mendukung IKN Nusantara.

"Selama ini distribusi ke IKN Jakarta bisa ditempuh melalui jalur darat, nantinya menuju IKN Nusantara hanya bisa melewati jalur udara maupun laut. Di sinilah peran utama Gresik sebagai kota penyangga IKN Nusantara," ujarnya.

Awang menambahkan Jawa Timur sudah berdiri ribuan industri, mulai dari skala kecil hingga besar.Namun, tidak semua daerah industri di Jawa Timur memiliki pelabuhan besar dan TUKS layaknya Gresik. 

"Karena itu, Gresik sangat potensial menjadi pusat transportasi dan logistik yang penting bagi daerah-daerah di sekitarnya," ungkapnya.

Keberadaan Pelabuhan tersebut, lanjutnya juga didukung berbagai macam infrastruktur yang mendukung kegiatan industri secara efektif. Hal ini memudahkan pengurusan logistik dan transportasi barang.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut