get app
inews
Aa Read Next : Vespa Rp23 Jutaan Diluncurkan Murah di India, Bakal Masuk Ke Indonesia ?

Kenali 5 Alat Musik Jawa Tengah yang Paling Populer

Minggu, 12 Juni 2022 | 18:10 WIB
header img
Alat musik Jawa Tengah yang paling populer. (Foto : Ist)

JAKARTA, Bojonegoro.iNews.id - Berikut ini alat musik Jawa Tengah yang paling populer. Sebagaimana kita ketahui, Indonesia kaya akan seni dan budaya. Setiap daerah pun menyimpan keunikannya sendiri-sendiri.

Salah satu warisan seni dan budaya yakni alat musik tradisional. Nah, Jawa Tengah memiliki alat musik tradisional yang unik dan patut dilestarikan keberadaannya.

Kenong

Alat musik Jawa Tengah yang paling populer di urutan pertama adalah kenong. Ini adalah salah satu alat musik yang menyusun gamelan Jawa. Alat musik ini memiliki bentuk yang unik karena sedikit mirip gong tetapi lebih kecil dan gemuk. Cara memainkan kenong yaitu dengan dipukul menggunakan alat pemukul kayu yang dililitkan oleh kain. 

Gambang

Kemudian ada gambang. Gambang merupakan alat musik tradisional asal Jawa Tengah. Alat musik ini terdiri dari 18 bilah bambu yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus. 

Slenthem

Berikutnya ada slenthem. Ini juga alat musik Jawa Tengah yang paling populer. Slenthem merupakan salah satu instrumen gamelan yang terdiri dari lembaran lebar logam tipis yang diuntai dengan tali dan direntangkan di atas tabung-tabung. Suara yang dihasilkan alat musik ini yakni dengungan rendah atau gema yang mengikuti nada saron, ricik, dan balungan bila ditabuh.

Kendang

Kendhang atau kendang juga menjadi salah satu alat musik Jawa Tengah yang paling populer. Mungkin, sebagian besar sudah familiar dengan bentuk kendang dan suara yang dihasilkan. Alat musik yang satu ini juga merupakan bagian dalam instrumen gamelan. 

Siter

Di urutan terakhir ada siter. Alat musik Jawa Tengah paling populer ini adalah alat musik petik di dalam gamelan Jawa. Siter ini masih ada hubungannya lho dengan alat musik populer Sunda, kecapi. Siter biasanya memiliki 11 pasang senar yang dimainkan dengan ibu jari.


 

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut