get app
inews
Aa Read Next : Mobil Listrik Murah Geely Panda Mini EV Seharga Rp89 Jutaan dari Cina

5 Transportasi Lawas Indonesia yang Kini Tinggal Kenangan

Rabu, 26 Oktober 2022 | 15:04 WIB
header img
Transportasi lawas Indonesia yang kini tinggal kenangan, Trem. Foto: Getty Images.

3. Bemo

Bemo pada dasarnya adalah transportasi pabrikan Jepang, Daihatsu. Bemo muncul dari hasil inovasi akibat sengitnya persaingan dengan Toyota selaku sesama pabrikan otomotif terkemuka. 

Hingga pada tahun 1957, Daihatsu mengeluarkan varian transportasi terbarunya yang dinamakan Daihatsu Midget (kerdil).

Ketika masuk Indonesia, Midget kemudian dikenal sebagai Bemo. Nama Bemo  merupakan singkatan dari Becak Motor yang sebelumnya memang sudah cukup familier di koota-kota besar, khususnya di jalanan Ibukota Jakarta. Namun, Bemo kini tinggal kenangan setelah puluhan tahun menjadi transportasi rakyat.

4. Oplet

Pada sekitar tahun 1970-an, oplet menjadi angkutan umum massal yang sangat populer di sejumlah kota besar, termasuk Jakarta. Kendaraan ini menjadi sangat khas lantaran sampai menjadi salah satu ikon serial ‘Si Doel Anak Sekolahan’.

Sayangnya, keberadaan oplet  tak bertahan lama. Pamor angkutan umum tersebut berangsur-angsur mulai tergantikan oleh mobil angkutan dan bus.

5. Helicak

Helicak merupakan akronim dari helikopter dan becak. Dinamakan demikian, desain transportasi ini mirip dengan helikopter. Moda transportasi roda tiga ini sudah pernah bisa dinikmati di jalanan Jakarta.

Berbeda dengan becak biasa atau becak motor, helicak digerakkan dengan tenaga mesin dan berbentuk seperti helikopter. Helicak pertama kali diluncurkan pada 1971 sebagai pengganti becak. Desainnya yang unik menjadi penyebab helicak hilang secara perlahan dengan alasan keselamatan.



 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut