get app
inews
Aa Read Next : Jokowi dan Ganjar Kunjungi Pasar Boyolali

8 Fitur Keselamatan Canggih pada Kendaraan Presiden Jokowi, Intip Kecanggihan Mobil RI 1

Minggu, 24 Juli 2022 | 23:00 WIB
header img
Fitur keselamatan canggih pada kendaraan Presiden. Foto : Moto1.

JAKARTA, iNewsBojonegoro.id - Fitur keselamatan canggih pada kendaraan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, menarik untuk diulas. Pasalnya, pejabat tinggi sekelas Presiden pastinya mendapatkan prioritas fasilitas khusus dalam kendaraan dinasnya.

Guna menunjang aktivitas kenegaraan, mobil kepresidenan tak hanya dilengkapi dengan fitur keamanan tingkat tinggi. Namun, pastinya ada banyak fitur-fitur canggih yang mendukung keamanan serta kenyamanan.

Sejak tahun 2019 lalu, mobil dinas yang digunakan oleh orang nomor satu di Indonesia itu adalah Mercedes-Benz S600 Guard. Kendaraan tersebut menggantikan mobil Mercedes-Benz S 600 Pullman yang dibeli era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Lantas seperti apa fitur keselamatan canggih yang ada pada mobil RI 1 tersebut? Dirangkum iNews.id, Kamis (21/7/2022), berikut ini adalah beberapa fitur unik serta canggih yang digunakan mobil bertipe sedan tersebut.

8 Fitur Keselamatan Canggih pada Kendaraan Presiden:

1. Anti Peluru dan Ledak

Seperti yang telah disampaikan, mobil  Kepresidenan Republik Indonesia saat ini memakai pabrikan Jerman, Mercedes Benz Maybach S600 Guard. Sedan yang dipakai dinas Jokowi itu diketahui merupakan mobil dengan tingkat perlindungan dan keamanan sangat tinggi. Hal itu dibuktikan dengan telah mendapat sertifikat VR. 

Body mobil tersebut memakai lapis baja super kuat yang tahan terhadap peluru. Selain pada dek keliling samping dan atas, kolong mobil ini dilapis plat tebal kuat yang berfungsi untuk menahan ledakan. Sementara di bagian kaca, juga telah dilapisi kaca anti peluru yang sangat tebal.

2. Mesin Bertenaga Besar

Guna menunjang tugas kenegaraan, mobil Presiden juga dibekali mesin dengan tenaga sangat besar. Dapur pacu mobil sedan mewah itu memakai V12 Turbo Charger otomatis 7 percepatan dengan kapasitas mesin 6000 cc. 

Mesin tersebut diklaim dapat menghasilkan tenaga 530 HP dan torsi sebesar 830 Nm. Hal ini memang sangat penting agar kejadian mobil Mercedes Benz S600 Pullman yang pernah diketahui mengalami kerusakan hingga mengakibatkan mogok, tidak terjadi lagi.

3. Airmatic Suspension System

Fitur keamanan canggih mobil RI 1 berikutnya dilengkapi juga air suspension otomatis. Fitur ini dapat mengubah menaikan dan menurunkan ketinggian mobil secara otomatis sesuai dengan kondisi  jalan di depan.

4. Ban Mobil Pakai RFT

Mobil yang dipakai Jokowi telah dibekali dengan ban dengan teknologi canggih yaitu RFT (Run Flat Tire). Ban masih bisa tetap melaju sampai dengan batas kecepatan 60  km/ jam hingga 30 km jauhnya meski dalam kondisi ban kempis.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut