Logo Network
Network

Kebo Bule Mati akibat PMK, Gusti Moeng: Kondisi Lemas, Kuku Mulut Luka dan Hidung Berliur

Tim iNews.id
.
Sabtu, 23 Juli 2022 | 23:42 WIB
Kebo Bule Mati akibat PMK, Gusti Moeng: Kondisi Lemas, Kuku Mulut Luka dan Hidung Berliur
Seekor kebo bule milik Keraton Surakarta mati akibat terpapar PMK. Foto : AntaraHO - Dokumen Keraton Surakarta.

SOLO, iNewsBojonegoro.id – Seekor kebo bule milik Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo) mati akibat terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK). Kerbau (kebo) berusia 20 tahun ini mati pada Kamis (21/7/2022).

Salah satu putri Paku Buwono (PB) XII Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari atau akrab disapa disapa Gusti Moeng mengungkapkan kondisi kebo bule keturunan Kiai Slamet sebelum mati.

"Kami menemukan meninggal itu antara jam 07.00 pagi dari srati (pawang) nya. Setelah itu didatangkan dari Dinas Peternakan dan dilihat semua sama dokternya ternyata betul ada 7 yang kena PMK," kata Gusti Moeng, Jumat (22/7/2022).

Dia mengatakan, semua kerbau adalah tim yang biasanya ikut kirab pusaka. "Nah, dengan begitu rekomendasi dari dinas ya kalau ini ke manusia gak papa. Tapi kalau ke hewannya sendiri itu tidak mungkin jadi tidak di rekom kalau ikut kirab," katanya dikutip dari iNewsPemalang.id.

Menurut Gusti Moeng, sebelum mati kerbau tersebut memiliki kondisi lemas, dengan kuku, mulut banyak luka dan hidung berliur.

Follow Berita iNews Bojonegoro di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini